Rabu, 08 Juni 2011

Klasifikasi Media Pembelajaran

  • Pengertian Media
     Kata media berasal dari kata medium yang secara harfiah artinya perantara atau pengantar. Banyak pakar tentang media pembelajaran yang memberikan batasan tentang pengertian media. Menurut EACT yang dikutip oleh Rohani (1997 : 2) “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi”. Sedangkan pengertian media menurut Djamarah (1995 : 136) adalah “media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran”.
     “media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar”.
  •  Media Pembelajaran
     Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian siswa sehingga proses interaksi komunikasi edukasi antara guru (atau pembuat media) dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdayaguna.
 
  • Media menurut jenisnya:
1. Media Visual
    Media yang dapat memberikan rangsangan-rangsangan visual seperti gambar/foto, sketsa, diagram, bagan,  grafik, kartun, poster, papan buletin dan lainnya.
a. Media visual diam : foto, buku, ansiklopedia, majalah, surat kabar, buku referensi dan barang hasil cetakan lain, gambar, ilustrasi, kliping, film bingkai/slide, film rangkai (film stip) , transparansi, mikrofis, overhead proyektor, grafik, bagan, diagram, sketsa, poster, gambar kartun, peta, dan globe.
b.  Media visual gerak : film bisu.
2.  Media Audio.
     Membantu menyampaikan maklumat dengan lebih berkesan membantu meningkatkan  daya tarikan terhadap sesuatu persembahan. Jenis audio termasuk suara latar, musik, atau rekaman suara dan lainnya. 
3. Media Audio-visual         
     a. Media audiovisual diam : televisi diam, slide dan suara, film rangkai dan suara , buku dan suara.
     b. Media audiovisual gerak : video, CD, film rangkai dan suara, televisi, gambar dan suara. 
  •  Media menurut bentuknya 
  1. grafis
  2. 3 dimensi
  3. elektrik
  • menurut daya liputnya 
  1. daya liput luas dan serentak
  2. terbatas dengan ruang dan tempat
  3. pengajaran individual
  • menurut bahan pembuatan
  1. sederhana
  2. komplek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar